Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBeritaOptimalkan Koordinasi Instansi: Tindaklanjuti Masukan Masyarakat dari Kegiatan Jumat Curhat kapolres tarakan.

Optimalkan Koordinasi Instansi: Tindaklanjuti Masukan Masyarakat dari Kegiatan Jumat Curhat kapolres tarakan.

TARAKAN – Polres Tarakan, Kegiatan rutin jumat curhat merupakan upaya dari kapolres tarakan untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat mendegarkan langsung penyampaian keluhan masyarakat terhadap polri serta keluhan terkait situasi kamtibmas ataupun keluhan lain yang dirasa mengganggu keamanan dan ketertiban lingkungan kembali dilaksanakan, Kali ini Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P.Siregar, S.H.,S.I.K bersama jajaran berkesempatan melaksanakan giat jumat curhat di Rt. 20 kelurahan karang anyar kecamatan tarakan barat kota tarakan tepatnya di Kios Burung Pak Kayat. Jumat.(23/02/2024).
Seperti giat jumat curhat sebelumnya, pada kegiatan jumat curhat kali ini kapolres tarakan memberikan kesempatan kepada warga yang hadir untuk menyampaikan keluh kesah terkait situasi kamtibmas dilingkunnya serta keluhan terkait kinerja jajaran polres tarakan.
Dan pada kesempatan ini sejumlah pertanyaan pun dilontarkan oleh warga masyarakat yang hadir diantaranya, selain itu ada juga warga yang menyampaikan apresiasinya atas kinerja polres tarakan.
Apresiasi disampaikan oleh ibu hani, warga Rt. 20. Dimana ibu hani mengapresiasi kinerja polres tarakan dalam menindaklanjuti tindakan pencurian yang dialami oleh anak dari ibu hani, saya merasakan sendiri konerja dari polres tarakan dimana telah membantu menyelesaikan permasalahan pencurian yang dialami anak saya, sehingga uang yang dicuri bisa kembali utuh ke tangan anak saya. Ungkap ibu hany.
Selain itu ibu hani juga menberikan saran kepada kapolres tarakan, bahwa dilingkungan Rt. 20 kelurahan karang anyar banyak rumah kontrakan sehingga perlu adanya perhatian dari aparat keamanan, “mungkin pak polisi bisa bekerjasama dengan satuan polisi pamong praja 3 atau 6 bulan sekali untuk rajia rumah kontrakan yang ada di Rt. 20 ini.” Harapnya.
Menanggapi apresiasi yang disampaikan ibu hani, Kapolres tarakan mengucapkan terimakasih jika ada masyarakat yang bisa melihat anggota polres tarakan sigap.
“ya terimaksih ibu, jika ibu bisa melihat kesigapan anggota kami, itu merupakan anggota polsek tarakan barat. Dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran polsek tarakan barat walau jauh dari kata sempurna tapi setiap hari kami melangka supaya bisa lebih baik lagi dengan segala keterbatasan kami, baik keterbatasan personel, keterbatasan sarana prasarana yang ada, semoga masyarakat bisa merasakan kehadiran polisi ditengah-tengah masyarakat itu bermanfaat begitu.” Ungkap kapolres tarakan.
Terkait pemeriksaan terhadap rumah kontrakan yang ada yang melakukan pemeriksaan dari Satpol PP dan kami dari pihak Kepolisian hanya bisa membackup saja. Dan saran yang disampaikan sangat bagus akan kami koordinasikan dengan pemerintah melalui pak kapolsek dan pak lurha, jelas kapolres tarakan.
Pertanyaan lain di sampaikan Ibu Indah terkait Jalan di Kampung Bugis tepatnya di depan toko SR sering macet, solusinya bagaimana pak. ? tanyanya.
Tanggapan kapolres terkait hal tersebut, Untuk kemacetan arus lalu lintas yang terjadi di daerah Kampung Bugis memang sudah sering terjadi akibat kepadatan kendaraan dan aktivitas masyarakat yang terjadi sehingga solusinya untuk itu apabila ingin mengantar anak sekolah atau turun kerja agar lebih awal lagi untuk menghindari terjadinya kemacetan tersebut karena untuk merekayasa jalur tersebut tetap saja kepadatan kendaraan tersebut akan terjadi dikarenakan jam jam tersebut masyarakat ramai melakukan aktivitas. Jelask kapolres tarakan AKBP Ronaldo.
Peserta lain yang juga menyampaikan curhatannya yaitu ibu jehan, “Saya mohon kepada bapak Kapolres, kalau proses pembuatan SIM agar tidak di persulit dalam proses tes nya.” Katanya.
Menjawab soal tes uji sim kapolres tarakan menjelaskan “Dalam kepengurusan SIM sudah di tentukan berdasaran tingkat kerawanan yang ada di jalanan umum maka nya dilakukan adanya tes pembuatan SIM agar penguna kendaraan dapat mematuhui peraturan berlalu lintas sehingga kepolisian tidak bisa asal memberikan SIM kepada penguna kendaraan guna menghidari terjadinya kecelakaan berlalu lintas dan harus mengikuti prosuder ketentuan.”jelasnya.
Kegiatan Jumat Curhat dilaksanakan setiap seminggu sekali oleh Kapolres Tarakan untuk mendengarkan keluhan serta saran dan masukan dari masyarakat terhadap beberapa permasalahan di wilayah hukum Kota Tarakan, Kegiatan tersebut juga bertujuam memperdekat dan mempererat silaturami antar Kepolisian dengan masyarakat di Kota Tarakan
Usai dilaksankan jumaat curhat, setiap keluhan atau masukan yang disampaikan akan ditindaklanjuti oleh Kepolisian atas setiap permasalahan yang di sampaikan oleh masyarakat kepada Kapolres Tarakan dalam pelaksanaan Jumat Curhat tersebut. Jika itu menjadi kewenanagan dari kepolisian akan langsung ditindak lanjuti namun jika itu menjadi kewenangan instansi lain maka akan dikoordinasikan sehingga manfaat kegiatan jumat curhat dapat dirasakan oleh masyarakat. (HumasResTrk).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments