Kamis, Februari 29, 2024
BerandaBeritaPolres Tarakan Gagas ‘Rabu Berlian’ untuk Bersihkan Sampah Laut dan Jaga Keamanan...

Polres Tarakan Gagas ‘Rabu Berlian’ untuk Bersihkan Sampah Laut dan Jaga Keamanan Perairan

TARAKAN – Polres Tarakan, Sebuah kegiatan yang merupakan wujud kepedulian polri terhadap masyarakat di inisiasi oleh Kapolres Tarakan dengan nama “Rabu Berlian” (Rabu Bersih Bersih Lingkungan) kegiatan dilaksanakan dengan penuh semangat oleh persone Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres Tarakan. Kegiatan kali ini difokuskan pada pembersihan sampah laut yang mengganggu kegiatan pelayaran di perairan Kota Tarakan.Rabu(31/01/2024)lalu.
Bertempat di Perairan Kota Tarakan, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Polairud Polres Tarakan, IPTU Jamzani, S.H., dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait. Selain personel Sat Polairud Polres Tarakan, turut hadir juga personel dari Dinas Keamanan Laut (Dansatrol) Lantamal XIII, personel Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kota Tarakan, personel Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Tarakan, serta anggota Persatuan Nelayan KNTI.
Dengan menggunakan peralatan 1 unit speed boat Polair, 4 unit speed boat dari ketua speed 40, dan 3 unit long boat milik nelayan, tim bersatu melakukan pembersihan sampah laut selama dua jam, dimulai pukul 10.00 hingga 12.00 WITA.
“Kegiatan ini tidak hanya sebagai upaya membersihkan lingkungan, namun juga sebagai langkah preventif untuk menjaga keamanan pelayaran di perairan Tarakan. Sampah laut yang tidak terkontrol dapat menjadi hambatan bagi kecepatan dan keamanan kapal, serta dapat merusak ekosistem laut yang berdampak pada kehidupan nelayan dan keberlanjutan lingkungan.”ungkap Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P.Siregar, S.H.,S.I.K melalui Kasat Polair Polres Tarakan IPTU Jamzani, S.H.
“Tema kegiatan “Rabu Berlian” kali ini adalah “Bersih Bersih Sampah Laut”, menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan laut bagi kelancaran aktivitas pelayaran dan kesejahteraan masyarakat pesisir.” Tambah kasat polair.
Dengan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan, giat “Rabu Berlian” kali ini berhasil mengumpulkan sejumlah sampah laut yang akan diolah dan didaur ulang untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap ekosistem laut. Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kebersihan laut dan lingkungan secara umum.(HumasResTrk).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments