Kamis, Februari 29, 2024
BerandaBeritaApel Siaga dan Peragaan Pengamanan TPS: Kapolres Tarakan Ingatkan Pentingnya Kolaborasi dalam...

Apel Siaga dan Peragaan Pengamanan TPS: Kapolres Tarakan Ingatkan Pentingnya Kolaborasi dalam Menjaga Ketertiban Pemilu

TARAKAN – Polres Tarakan, Hari Jumat, tanggal 2 Februari 2024, Pukul 07.45 Wita, bertempat di Kantor Pemerintah Kota Tarakan, tepatnya di Jl. Pulau Kalimantan, Kp. Satu Skip, Kec. Tarakan Tengah, Kota Tarakan, telah dilaksanakan kegiatan Apel Siaga dan Serah Terima BKO (Bawah Kendali Operasi) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari Pemerintah Kota Tarakan kepada Kepolisian Resor Tarakan, serta penandatanganan naskah perjanjian dana hibah untuk Pengamanan Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tarakan Tahun 2024.
Kegiatan ini dihadiri oleh instansi terkait, antara lain Walikota Tarakan, Kapolres Tarakan, Komandan Kodim 0907 Tarakan, Kajari Kota Tarakan, Hakim Pengadilan Negeri Tarakan, Perwakilan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tarakan, Perwakilan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan, Perwakilan Satuan Linmas dari masing-masing kecamatan di Kota Tarakan.
Dalam sambutannya, Walikota Tarakan dr. Khairul, M.Kes menyampaikan dalam menjaga keamanan dan ketentraman dan ketertiban diperlukannya kolaborasi serta koordinasi antara semua pihak, ia juga meminta agar personel satlinmas dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk berjaga di 682 TPS yang ada di kota tarakan. Beliau juga mengajak semua pihak untuk bekerja sama menjaga kedamaian dan ketertiban dalam menjalankan proses demokrasi ini.
Pada kesempatan tersebut kapolres tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P.Siregar, S.H.,S.I.K juga memberikan sambutan mengenai kendali operasi perlindungan masyarakat dan pengamanan TPS Kota Tarakan Tahun 2024,
Kapolres tarakan menyampaikan bahwa sejak hari ini, Linmas berada di bawah kendali Polres Tarakan, dan kapolres bertanggung jawab atas kegiatan pengamanan di TPS, terutama saat pemungutan suara hingga selesai penghitungan suara, Ada beberapa hal yang akan disampaikan secara teknis kepada semua anggota Linmas mengenai apa yang harus dilakukan saat pengamanan di TPS, batasannya, dan bagaimana menghadapi situasi tertentu.
Tujuannya adalah agar tidak ada keraguan dalam bertindak, sesuai dengan yang disampaikan oleh pak Walikota, bahwa jika semua dapat terselenggara dengan baik, akan memberikan kesan yang baik untuk demokrasi. Maka linmas akan dilatih secara teknis mulai dari hari ini hingga menjelang pemungutan suara, untuk memastikan semua tugas terkait kegiatan pengamanan dipahami dan dilaksanakan dengan baik.”jelas kapolres tarakan.
Usai dilaksanakannya apel siaga dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian Antara Pemerintah Kota Tarakan Dengan Kepolisian Resor Tarakan Tentang Pemberian Dana Hibah Pengamanan Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Walikota Tarakan Tahun 2024, yang ditandatangani oleh Walikota Tarakan, Komandan Kodim 0907, dan Kapolres Tarakan.
Kegiatan dilanjutkan dengan peragaan pengamanan TPS, peragaan ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana nantinya kondisi dilapangan, termasuk diantaranya apa yang menjadi peran setiap petugas baik ketua maupun anggota KPPS selama proses pemungutan dan penghitungan suara pada hari pencoblosan yaitu 14 Februari 2024, ini juga untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilu berjalan sesuai aturan yang berlaku.
Kegiatan ini menandai seriusnya Pemerintah Kota Tarakan dalam mendukung jalannya Pemilu 2024 yang aman dan damai. Semoga kerja sama yang terjalin dapat membawa kelancaran dalam pelaksanaan tugas-tugas selanjutnya.(HumasResTrk).Sebagai informasi bahwa Polda Kaltara memiliki 5 satuan kewilayahan meliputi Polresta Bulungan, Polres Tarakan, Polres Malinau, Polres Nunukan, Polres Tana Tidung. (Cs)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments