Kamis, Februari 29, 2024
BerandaBeritaRilis Akhir Tahun, Kapolres Beber Kaleidoskop Program Kerja Sepanjang 2023

Rilis Akhir Tahun, Kapolres Beber Kaleidoskop Program Kerja Sepanjang 2023

TARAKAN, Polda Kaltara – Polres Tarakan Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona TPP Siregar, S.H., S.I.K bersama jajaran melaksanakan rilis akhir tahun 2023 bersama media, Sabtu (30/12/2023). Di kesempatan itu, Kapolres Tarakan menjabarkan kaleidoskop sepanjang 2023.

Dalam rilisnya, Kapolres Tarakan menyampaikan bahwa ini sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada publik atas kegiatan yang sudah dikerjakan sepanjang tahun 2023.

Secara umum, ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang turut berperan aktif
dalam berbagai program-program Polres Tarakan sehingga bisa menjaga situasi hukum, keamanan di wilayah hukum Polres Tarakan tetap kondusif.

“Terima kasih juga kepada stakeholders terkait, rekan TNI dan Polri , pemerintah Tarakan dan seluruh unsur terkait yang terlibat dalam membantu pelaksanaan tugas mewujudkan kamtibmas di Kota Tarakan,” jelasnya.

Ia menyampaikan permintaan maaf juga kepada masyarakat jika dalam pelaksanaan ada kekurangan karena bukan yang sempurna. Ia berjanji melakukan upaya terbaik agar masyarakat Tarakan bisa terlayani dengan baik.

Polres Tarakan siap memberikan layanan ke masyarakat dengan slogan PATEN. Yakni profesional, amanah, transformatif, edukatif dan nyata.

Untuk diketahui saat ini Polres Tarakan juga telah dilengkapi berbagai fasilitas termasuk yang baru diresmikan yakni Command Center serta Aula Graha Paten.

Secara umum layanan yang disiapkan beserta ruangannya ada SPKT, SKCK, ruang layanan pembuatan SIM, pojok baca, ruang menuusui, toilet dan untuk pengunjung berkebutuhan khusus.

Polres Tarakan juga giat dan rutin melaksanakan perintah Kapolri untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dalam giat Jumat Curhat dan Minggu Kasih.

“Polres Tarakan bahkan mendapat banyak masukan dan informasi dari masyarakat melaluinya pertemuan Jumat Curhat dan Minggu Kasih, sudah banyak tindak pidana diungkap melalui kegiatan ini,” terangnya.

Sebagai upaya cooling system polres tarakan memiliki inovasi yang di berinama ‘GAPLE’ ( GERAKAN ASISTENSI POLISI LEWAT EDUKASI) Istilah dalam permainan gaple dijadikan jargon oleh satuan fungsi pada Polres Tarakan dalam melaksnaakan tugasnya.

Di antaranya pertama, melalui Program CEKI Satuan Lalu Lintas melakukan upaya kepolisian dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dalam Penerimaan Layanan ( SIM STNK ), Laporan Pengaduan (Kejadian Laka Lantas, maupun Laporan Gangguan Kamseltibcarlantas), serta penindakan cepat petugas di lapangan diharapkan mampu memberikan rasa aman, nyaman bagi setiap lapisan masyarakat.

Kemudian ada TANGKAP. Tangguh menangkap pelanggaran, meningkatkan patroli, meminimalisir pelanggaran ini menjadi jargon satuan samapta.

Selanjutnya, ada PALANG. Yakni pembinaan anti pelanggaran, memberi informasi penyuluhan dan sosialiasi kepada masyarakat yang di laksanakan oleh satuan binmas.

“Kemudian ada BALAK LIMA di bawah komando Kasat Reskrim Polres Tarakan. Artinya bersama melawan kejahatan dan melindungi masyarakat. Kemudian BALAK ENAM dikomando Kasat Resnarkoba Polres Tarakan, artinya bersama lawan kejahatan terhadap narkoba di masyarakat. Ini juga mengeluarkan program Kampung Bersih Narkoba atau Kampung Bersinar,” paparnya.

Secara umum lanjut Kapolres Tarakan, untuk kasus tindak pidana mendapat restoratif justice (RJ) sebanyak 111 kasus. Di tahun 2022 sebanyak 11 kasus.

“Sepanjang tahun 2023 dibanding tahun sebelumnya 2022, memang terjadi peningkatan data kejahatan. Total dilaporkan 385 kasus tahun 2022. Sementara tahun ini laporan masuk 568 kasus. Kemudian yang selesai di tahun 2023 516 kasus atau 90,8 persen,” terangnya

Sementara tahun 2022 sebanyak 233 kasus selesai atau 60 persen. Sisanya 111 kasus diselesaikan secara RJ di tahun 2023 sementara tahun 2023 sebanyak 11 kasus RJ. (HumasResTrk)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments