Kamis, Februari 29, 2024
BerandaBeritaPolres Tarakan Bersama FKUB Kota Tarakan Apresiasi Perjanjian Damai Konflik Bitung Sulawesi...

Polres Tarakan Bersama FKUB Kota Tarakan Apresiasi Perjanjian Damai Konflik Bitung Sulawesi Utara.

TARAKAN, Polres Tarakan – Polda Kaltara, Menyikapi konflik yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara, Kapolres tarakan diwakilkan oleh Kanit III Satintelkam melaksanakan monitoring kegiatan sejumlah tokoh agama dan pemangku kepentingan di Kantor FKUB Kota Tarakan yang berlokasi di Jalan Pulau Irian RT 2 Kelurahan Kampung Satu Skip, Selasa, 28 November 2023, pukul 09.00 WITA.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh agama dan pemangku kepentingan, antara lain, KH. Zainudin Dalila,Ketua FKUB kota Tarakan, kemudian, Ipda Rusdin, Kanit III Sat Intelkam Polres Tarakan mewakili Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona TPP Siregar,

Ustaz Syamsi Sarman, Sekretaris FKUB kota Tarakan, Ustaz Salahepa, Ketua FKUB Agama Islam, Pendeta Joko, Ketua FKUB Agama Kristen, Nyoman Simpen, Ketua FKUB Agama Hindu), Hardi Wijaya, Ketua FKUB Agama Buddha, Andreas Riski, FKUB Muda.

Serta turut hadir anggota FKUB sekitar 22 orang pada pagi tadi. Dalam kesempatan ini, FKUB Kota Tarakan mengambil inisiatif untuk merumuskan penyataan sebagai respons terhadap konflik yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara.

Beberapa kesimpulan yang dihasilkan dari rapat tersebut adalah sebagai berikut di antaranya apresiasi terhadap pemerintah dan Tokoh Agama di Bitung.

KH. Zainudin Dalila, Ketua FKUB kota Tarakan menyampaikan, rapat FKUB Kota Tarakan adalah apresiasi kepada pemerintah dan tokoh agama di Kota Bitung yang berhasil menyepakati perjanjian damai dan menyelesaikan konflik secara kekeluargaan.

Di kesempatan itu, K.H. Zainuddin Dalilah juga menyampaikan pandangan terhadap konflik Israel dan Palestina.

“FKUB Kota Tarakan menyadari bahwa konflik Israel dan Palestina bukanlah konflik agama, melainkan tragedi kemanusiaan. Hal ini menjadi pengingat bahwa perdamaian harus diutamakan di atas perbedaan keyakinan,” paparnya.

Sehingga diharapkan masyarakat Tarakan untuk tetap tenang.

Masyarakat Tarakan diimbau untuk tidak terprovokasi oleh peristiwa di Bitung dan terus menjaga kondusivitas serta kerukunan umat beragama di kota Tarakan.

“Peran FKUB dalam Menjaga Kedamaian Kota Tarakan dalam suasana tahun politik dan menjelang perayaan Natal, FKUB Kota Tarakan bersama-sama berkomitmen untuk menjaga ketenangan dan kedamaian di Tarakan,” ujarnya.

Mereka juga meminta pihak keamanan untuk meningkatkan perhatian terhadap tempat ibadah dan lokasi lain yang melaksanakan perayaan Natal dan rangkaian kegiatan terkait.

Rapat ini merupakan langkah preventif FKUB kota Tarakan untuk mengantisipasi agar konflik di Bitung tidak berdampak dan berkembang di kota Tarakan.

” Kesimpulan rapat ini akan diabadikan dalam bentuk video oleh FKUB kota Tarakan dan akan diviralkan melalui media sosial sebagai bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan perdamaian dan kerukunan di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya. (*)

Perwakilan Polres Tarakan saat menghadiri pertemuan bersama FKUB Kota Tarakan, menyikapi konflik yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara terkait konflik Palestina dan Israel, Selasa (28/11/2023). Dokumentasi Humas Polres Tarakan.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments