Jumat, Februari 23, 2024
BerandaBeritaPolres Tarakan Tingkatkan Patroli Dialogis untuk Ciptakan Keamanan dan Kondusifitas Wilayah

Polres Tarakan Tingkatkan Patroli Dialogis untuk Ciptakan Keamanan dan Kondusifitas Wilayah

TARAKAN, Polda Kaltara– Polres Tarakan– Guna Mencegah terjadinya gangguan kamtibmas diwilayah hukum polres tarakan satuan samapta polres tarakan tingkatkan patroli dialogis dan humanis agar terwujunya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Senin (18/09/2023).
Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P.Siregar, S.H.,S.I.K melalui Kasat Samapta Polres Tarakan IPTU M.Imran Tawainella, menerangkan “Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam beraktifitas “kami dari kepolisian khususnya satuan samapta polres tarakan meningkatkan kegiatan patroli dilogis, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan situasi keamanan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres tarakan serta dalam rangka implementasi Program Kapolri , Polri yang presisi dengan mengedepankan pendekatan rutin melakukan Patroli dialogis dengan Masyarakat” jelasnya.
Kegiatan patroli dialogis yang dilaksanakan pada siang maupun malam hari merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap anggota polri guna menciptakan situasi wilayah yang kondusif.
Iptu Imran menjelaskan patroli dialogis yang dilaksanakan personelnya hari ini dengan sasaran sejumlah titik pusat aktivitas masyarakat dikota tarakan. dan menyasar juga beberapa objek vital dan pasar yang ada dikota tarakan, diantaranya SPBU Gunung Lingkas, RSUD, Pertamina Hulu, Pertamina Depo dan Pasar Tenguyun.
Saat pelaksaan patroli dialogis tersebut personel samapta memberikan edukasi maupun himbauan kepada masyarakat agar masyarakat berperan aktif dan ikut mendukung kepolisian dalam menjaga kamtibmas seperti menjaga kemanan dilingkungan kerja dan tempat tinggal masing-masing.
Selain itu personel sat samapta yang melaksanakan patroli juga menginformasikan kepada masyarakat terkait program inovasi yang dimiliki polres tarakan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, “GAPLE” (gerakan asistensi polisi lewat edukasi) permainan gaple ini dapat di ikuti oleh semua kalangan masyarakat, dan di dalam permainan gaple ditemukan beberapa istilah yang digunakan oleh polres tarakan sebagai jargon dalam pelaksanaan tugas, salah satunya yaitu “TANGKAP “ tangguh menagkal pelanggaran, dan ini merupakan kesiapsiagaan personel samapta dalam melaksanakan patroli perintis presisi dan patroli kota untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di tengah kota tarakan, dan untuk itu kasat samapta polres tarakan juga menyediakan nomor pengaduan yang bisa di hubungi oleh masyarakat ketika terjadi gangguan kamtibmas dapat menghubungi “081255772911” atau melalui Call Canter “110”. Tambahnya.
Pelaksanaan patrol dialogis ini menggunakan kendaraan Mobil Patroli Sabhara dan dilaksanakan oleh personel samapta polres tarakan, dengan sasaran obyek-objek vital dan pasar yang berada dikota tarakan serta tempat-tempat keramaian masyarakat. (HumasResTrk).

Sebagai informasi bahwa Polda Kaltara memiliki 5 satuan kewilayahan meliputi Polresta Bulungan, Polres Tarakan, Polres Malinau, Polres Nunukan, Polres Tana Tidung. (Cs)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments