Kamis, Februari 29, 2024
BerandaBeritaDidukung Pemkot Tarakan dan Stakeholder serta Forkopimda, Kapolres Siap Bentuk Kampung Bersinar...

Didukung Pemkot Tarakan dan Stakeholder serta Forkopimda, Kapolres Siap Bentuk Kampung Bersinar Paten, Komitmen Berantas Narkoba

TARAKAN – Kegiatan Rapat Koordinasi Pembentukan Pilot Project Kampung Bersinar Paten dilaksanakan di Ruang Data Polres Tarakan, Selasa (8/8/2023).
Kegiatan dimulai pukul 14.50 WITA dihadiri juga Wali Kota Tarakan Dr. Khairul.,M.Kes, Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P. Siregar S.H.,S.I.K, Danlanud Tarakan Kolonel Pnb Bambang Sudewo, Wadanpomal Mayor Laut PM Toto Sukarto, Kepala BNNP diwakili oleh Ibu Agustina.


Selain itu turut hadir Ketua FKUB Tarakan K.H. Zainuddin Dalilla, Ketua MUI Tarakan H. Anas, Kepala Dinas Pendidikan, Tamrin Toha, Kepala Satpol PP Tarakan,Sofyan, Kasat Narkoba Tarakan Iptu Gian Evla Tama.S.Tr.K.,S.I.K.,M.H, Rahmat Kartolo Lurah Selumit Pantai dan tokoh adat.
Rangkaian acara dimulai dari sambutan Kapolres Tarakan. Adapun tujuan dilakukan rapat ini menindaklanjuti program Bapak Kapolri yang harus dilakukan dalam menangani Narkoba di Kota Tarakan.
“Dimana diharapkan ada beberapa kreteria dalam pembentukan Kampung Bersinar. Upaya Polres Tarakan dalam menegakkan hukum kasus narkoba meningkat dari tahun sebelumnya dan ternyata penegakan hukum hanya menjadi faktor untuk menekan angka peredaran jenis narkoba,” beber Kapolres Tarakan.
Ia menyampaikan juga, adanya masih kelompok yang pro terhadap kasus narkoba dan ada beberapa titik yang menghawatirkan dalam peta kejahatan kasus narkoba.
” Kondisi geografis kota Tarakan yang memiliki banyak jalur tikus yang sering digunakan. Sehingga perlunya dukungan eksternal dan sinergitas antara instansi terkait dengan melakukan Sosialisasi P4GN dan menfasilitasi giat P4GN,” ujarnya.
Ia melanjutkan, selain itu juga melakukan dakwah dari tokoh agama dan pemerintah termasuk bekerja sama dengan industri untuk menciptkan lapangan pekerjaan.
Tujuan dilakukan Kampung Bersinar lanjut Kapolres Tarakan, untuk menekan penyalahgunaan narkoba dan miras, meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba.
Ada persyaratan wajib dalam pembentukan Kampung Bersinar. Di antaranya kata Kapolres Tarakan, harus memiliki data penduduk yang akurat, peran aktif masyarakat dan wilayah yang sering terjadi tindak pidana penyalahgunaan narkoba.
Pada dasarnya lanjutnya, dari Pemerintah Daerah Kota Tarakan siap mendukung Polres Tarakan dalam pembentukan Kampung Bersinar untuk pemberantasan Narkoba di Kota Tarakan.
Sementara itu Wali Kota Tarakan, dr.H.Khairul, M.Kes menyampaikan
rencana pembentukan ini sejalan dengan upaya Pemkot Tarakan dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kota Tarakan.
Untuk itu, Wali Kota menyampaikan dukungannya agar Kampung Bersinar Paten ini dapat segera terwujud.
Ia juga mengungkapkan bahwa Pemkot Tarakan kini pun telah bergerak dalam upaya perang terhadap narkoba bahkan hingga tingkat lingkungan.
“Penilaian di tingkat RT pun salah satunya mengenai sejauh mana upaya mewujudkan wilayah bersih dari narkoba,” tukasnya. (HumasResTrk)Siap Bentuk Pilot Project Kampung Bersinar Paten, Harapkan Bisa Perangi dan Berantas Peredaran Narkoba di Kaltara

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments