Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBeritaKapolres tarakan memimpin apel kasatkamling tahun 2023

Kapolres tarakan memimpin apel kasatkamling tahun 2023

TARAKAN, Polda Kaltara – Polres Tarakan, Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P.,Siregar, S.H.,S.I.K memimpin pelaksanaan Apel Kasatkamling, dihalaman depan Mako Polres Tarakan. Rabu(21/06/2023).

Apel Satuan Kemanan Lingkungan (Satkamling) diikuti oleh perwakilan warga tiap kecamatan dan dihadir pula oleh Walikota tarakan dr.H.Khairul, M.Kes, Dandim 0907 Trk Inf Reza Fajar Lesmana,S.IP.,M.SI, Dansatrad 225 Trk Letkol Lek Adhy Sudibyo, S.T., M. Han, Danyon 613 Rja Mayor Inf Alisun,S.Sos, Ketua DPRD Kota Tarakan Alrhazali.S.IP, Perwakilan Kejaksaan Kota Tarakan, Perwakilan Pengadilan Kota Tarkan, Camat Sekota Tarakan serta Lurah Sekota Tarakan.

Apel Kasatkamling Tahun 2023 merupakan Akserelasi Revitaslisasi Satkamling dalam Rangka meningkatkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pemilu serentak tahun 2024.”

Selaku pemimpin apel Satkamling Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P.Siregar, S.H.S.I.K menbacakan amanat Kapolri “Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling, Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.”

Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Tentunya berbagai dinamika tantangan hal tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.”

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.
Hal in tentunva menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena Awak Satkamling baik
Ketua maupun Pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili.

Selain itu, Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal. Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Saya berpesan agar kehadiran
Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan seta kita jaga bersama. Kita harus mendukung penelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan in akan meniadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama.”

Selaniutnya sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat
Poles, Polda hingga nasional.

Dan pada apel Kasatkamling pagi tadi Kapolres tarakan membagikan hadiah kepada pemenang lomba satkamling tingkat polres. Untuk para pemenang terdiri dari :
– Juara 1 Satkamling Rt. 17 kelurahan karang balik kecamatan Tarakan Barat.
– Juara 2 Satkamling Rt. 7 kelurahan juata permai kecamatan Tarakan Utara
– Juara 3 Satkamling Rt. 1 kelurahan karang anyar kecamatan Tarakan Barat.
Pada kesempatan tersebut kapolres tarakan juga memberikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba satkamling.

“Selamat, dan terimakasih. Semoga ini menjadi motivasi untuk bersam menjaga kondusifitas kamtibmas dilingkungan tempat tinggalnya.”(HumasResTrk).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments