Minggu, Juli 14, 2024
BerandaBeritaTingkatkan Sinergitas dan Soliditas, TNI Polri Kompak Mainkan Permainan Tradisional Kerakyatan

Tingkatkan Sinergitas dan Soliditas, TNI Polri Kompak Mainkan Permainan Tradisional Kerakyatan

TARAKAN – Guna untuk tingkatkan Sinegritas dan Soliditas TNI POLRI dan Forkopimda di Kota Tarakan pada hari Selasa, 23 Mei 2023 bertempat di Mako Polres Tarakan dilaksanakan Halal Bihalal dan Olaraga bersama TNI POLRI dan Forkopimda Kota Tarakan.
Dalam Kegiatan Olaraga Bersama tersebut tampak Hadir Wakil Walikota Tarakan Effendi Djuprianto, Danyonmarhanlan XIII Letkol Mar Andreas Sony Tangi Timbang, M.Tr., Opsla, Danlanud Anang Busra Kolonel Pnb Bambang Sudewo , Danyonif 613/RJA Letkol Inf Alisun, Dirpamobvit Polda Kaltara Kombes Pol Taufik Herdiansyah Zeinardi, Dansat Brimob Polda Kaltara Kombes Pol Yohanes Jalung Siram, Kajari Tarakan Adam Saimima, Kabinda Kaltara diwakili Korwil Tarakan Roy Anung, serta perwakilan dari Dansatrad 225 dan Dandim 0709/Trk.
Selain para Pimpinan Kesatuan dalam acara Olaraga Bersama juga dimeriahkan oleh Personel Lanud Anang Busra, Personel Satrad 225/Trk, Personel Lantamal XIII/Trk, Pers Yonmarhanlan Tarakan, Personel Yonif Raider 613/Rja, Personel Polairud Prov.Kaltara serta Bhayangkari Cabang Tarakan dan personel Polres Tarakan.
Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P. Siregar, S.H., S.I.K mengatakan, kegiatan olahraga hari ini dilaksanakan bertujuan mempererat tali silaturahmi dan soliditas, sinergitas dengan rekan-rekan TNI dan unsur pemerintah yang lain.
Adapun rangkaian kegiatan dimulai dari kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya pembacaan doa, berlanjut sambutan Kapolres Tarakan kemudian dilanjutkan Senam bersama, fun game dengan permainan tradisonal seperti Lomba Bakiak, Lomaba makan kerupuk dan Lomba Kelereng, tak hanya anggota yang dilibatkan dalam pertandingan, para komandan satuanpun turut memeriahkan dengan mengikuti perlomaan yang diadakan diacara halal bihalal dan olaraga bersama.
Usai kegiatan dikatakan Kapolres Tarakan Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P. Siregar, S.H., S.I.K, kegiatan halal bihalal sekaligus olahraga bersama TNI Polri dan Forkopimda ini adalah bukti bagaimana silaturahmi, soliditas dan sinergitas TNI-Polri serta unsur forkopimda tetap terjaga.
“Sehingga pada acara formal dan nonformal, termasuk pelaksananaan kegiatan di lapangan dalam hal pengamanan keamanan ketertiban masyarakat atau kamtibmas tetap terjaga bersama,” terang Kapolres Tarakan.
Ia mengakui, memang setelah pandemi, WHO sudah menyebutkan pandemi sudah berakhir. Artinya setelah ini, akan banyak kegiatan dalam wujud sinergitas TNI dan Polri akan terus berjalan.
“Setelah WHO menyebutkan pandemi sudah tidak ada, hampir di semua kegiatan kita sama-sama khusus dengan TNI sinergi, jadi pilar bersama unsur lain. Kalau olahraga hari ini, salah satu caranya saja,” terangnya.

Adapun acara atau kegiatan formal lainnya menurutnya selama ini sudah terus berjalan, baik di lapangan seperti baru saja kemarin dilaksanakan bersama Kodim 0907 Tarakan termasuk dengan TNI AL dalam hal ini Lantamal XIII bersama-sama terlibat dalam pembuatan Kampung Nelayan Bahari.
“Jadi TNI bikin Kampung Bahari, tugas apapun kita akan support begitu juga kegiatan kami di kepolisian ada teman-teman TNI yang support,” ujar Kapolres Tarakan.
Adapun berbicara kegiatan game hari ini termasuk disisipkan unsur tradisional salah satunya makan krupuk dan juga agenda permainan tradisional lainnya hanya sebagai bentuk pengingat akan olahraga berbasis kerakyatan.
“Hari ini sebetulanya mengingatkan olaharaga tradisional, makan krupuk, mengingat kembali olahraga kerakyatan yang menyenangkan, melatih terbiasa kompak, jatuh bareng, ketawa bareng, suasana jadi lebih cair karena biasanya ketemu di upacara dalam acara formal. Jadi ini sekaligus refreshing,” ujarnya.
Yang jelas lanjut Kapolres Tarakan, pada agenda berikut pasti akan terus diagendakan dalam rangka meningkatakan sinergitas, kekompakan bersama TNI Polri dan forkopimda lainnya.
“Agenda lain ke depan, satuan TNI dan Polri bergantian dan even menyambut 1 Juli, sejak awal Juni akan membuat rangkaian kegiatan bersama, bukan TNI saja tapi unsur pemerintahan dan masyarakat juga dilibatkan,” tukasnya. (HumasResTrk)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments