Jumat, Februari 23, 2024
BerandaBeritaTampak mengalir diskusi dan interaksi pada mata kuliah yang diisi oleh Kapolres

Tampak mengalir diskusi dan interaksi pada mata kuliah yang diisi oleh Kapolres

Tarakan sebagai dosen tamu, pada mata kuliah Etika Profesi. Ketertarikan mahasiswa dengan apa saja fungsi dan tugas profesi Polri membuat diskusi berjalan berisi.
TARAKAN – Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H.,S.I.K. menghadiri undangan Fakultas Hukum (FH) Universitas Borneo Tarakan (UBT) sebagai dosen tamu pada mata kuliah Etika Profesi, Senin (17/4/2023).
Bertempat di ruang praktek peradilan Fakultas Hukum UBT, ada sekitar 60 mahasiswa dari beberapa kelas/lokal tampak menyimak dan berdiskusi dengan mantan Kapolres Bulungan tersebut.
Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan Fakultas Hukum UBT, Dr. Nurasikin, S.HI.,MH, Dosen Fakultas Hukum, Sukmawaty Arisa Gustina, S.H.,M.H dan Alif Arhanda Putra, SH.,MH.
Sebelum masuk ke sesi diskusi dan tanya jawab, Ronaldo terlebih dahulu menerangkan beberapa materi terkait Peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2022, tentang kode etik profesi Polri dan komisi kode etik Polri.
Selain itu, Ronaldo juga bercerita pengalamannya saat masih berada di Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang dan membagi pengalamannya belajar tentang hukum.
“Jadi adek-adek yang menarik saat saya belajar Hukum saat saya masih berada di Akpol dulu fokus saya cuman satu, yaitu kepastian hukum. Ternyata dalam prakteknya, harus ada manfaat, harus ada keadilan juga,” kata Ronaldo saat sesi diskusi.
Tampak mengalir diskusi dan interaksi pada mata kuliah yang berjumlah 2 SKS tersebut. Ketertarikan mahasiswa dengan apa saja fungsi dan tugas profesi Polri membuat diskusi berjalan berisi.
Sebelumnya, melalui dosen mata kuliah Etika Profesi, Sukmawaty Arisa Gustina, S.H.,M.H berjanji kepada mahasiswa untuk menghadirkan beberapa narasumber yang berhubungan dengan mata kuliah tersebut.
“Beberapa waktu lalu saya berjanji akan menghadirkan beberapa narasumber yang berhubungan dengan mata kuliah Etika Profesi ini. Dan alhamdulillah, ditengah kesibukannya, bapak Kapolres bersedia hadir dan menyempatkan waktu,” ujar Sukma kepada mahasiswa.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari beberapa profesi seperti ini rencananya akan terus dilakukan oleh pihak Fakultas Hukum UBT kedepan.
Diakhir perkuliahan, Wakil Dekan Fakultas Hukum UBT menyerahkan plakat sebagai suvenir kepada AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, begitu juga sebaliknya. Rencananya, dalam waktu dekat ini ada sekitar dua kegiatan lagi yang akan di kolaborasikan dari pihak Fakultas Hukum dengan Polres Tarakan.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments