Minggu, Juli 14, 2024
BerandaBeritaFocus Grup Discussion (FGD) Binmas Polres Tarakan dengan tema “REVITALISASI SAT KAMLING...

Focus Grup Discussion (FGD) Binmas Polres Tarakan dengan tema “REVITALISASI SAT KAMLING UNTUK MENCIPTAKAN KONDUSIFITAS KOTA TARAKAN DALAM MENJELANG PEMILU 2024 DI KOTA TARAKAN YANG AMAN DAN DAMAI.

 

TARAKAN – Pada hari Sabtu Tanggal 08 April 2023 pukul 10.00 wita bertempat di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan telah di laksanakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) Binmas Polres Tarakan dengan tema “REVITALISASI SAT KAMLING UNTUK MENCIPTAKAN KONDUSIFITAS KOTA TARAKAN DALAM MENJELANG PEMILU 2024 DI KOTA TARAKAN YANG AMAN DAN DAMAI.”

Kegiatan FGD ini dihadiri oleh unsur forkopimda kota tarakan, diantaranya Walikota Tarakan. Dr. Khairul, Komandan Kodim 0907 Tarakan. Letkol Inf Reza Fajar Lesmana, Kapolres Tarakan. AKBP Ronaldo Maeadona.T.P.P.,Siregar, S.H., S.I.K., Waka Polres Tarakan, Kabag ops Polres Tarakan, Kasat Binmas Polres Tarakan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Tarakan, Kabag Tata Pemerintahan Kota Tarakan, Seluruh Danramil se Kota Tarakan, Seluruh Kapolsek se Kota Tarakan, Seluruh Camat dan Kasi Trantib Kecamatan se Kota Tarakan, Seluruh Lurah dan Kasi Trantib Kelurahan se Kota Tarakan, Seluruh jajaran Babinsa se Kota Tarakan, Seluruh jajaran Bhabinkamtibmas se Kota Tarakan. serta Perwakilan penerima sarana kontak dari masing-masing Kecamatan yang Sat Kamlingnya aktif.

Kegiatan Foccus Grup Discussion (FGD) diprakarsai oleh sat binmas Polres Tarakan T.A 2023 merupakan Program membangkitkan revitalisasi sat kamling untuk menciptakan kondusifitas kota tarakan menjelang pemilu 2024 di kota tarakan yang aman dan damai. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengaktifkan kembali siskamling di tinggat RT dalam rangka menjelang Pemilu 2024

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Tarakan . AKBP Ronaldo Maeadona.T.P.P.,Siregar, S.H., S.I.K. mengharapkan semanagat dan semua pihak dapat menumbuhkan rasa solidaritas untuk menjaga keamanan.

“Adanya kegiatan ini diharapkan agar kita mengingat dan selalu mebangkitkan Semangat serta menumbuhkan rasa solidaritas untuk menjaga keamanan.” Tuturnya.

Pada sambutannya Dandim 0907 Tarakan Letkol Inf Reza Fajar Lesmana menyatakan dukungannya terkait adanya satkamling.

“Akan mendukung penuh mengenai adanya satkampling dimana kedepanya Kota Tarakan akan menghadapi pemilu 2024 dimana kita tahu masyarakat Kota Tarakan yang fanatic.” ucapnya

Sebagai Walikota Tarakan Dr. Khairul, mengatakan “Adanya satkampling sangat bermanfaat bagi masyarakat dan harus lebih ditekankan yang menjadi pam swakarsa di satkampling tersebut dari masyarakat sekitar bukan dari ormas-ormas yang mengambil keuntungan sendiri dan hal tersebut tidak dibenarkan karena akan menimbulkam permasalahan horizontal di tengah masyarakat.” Ungkapnya.

Selain sambutan dari forkopimda kota tarakan, ada pula masukan yang disampaikan oleh beberapa peserta FGD.

Babinkamtibmas karang anyar Aiptu Mardiono, melaporkan Adanya 23 pos kamling yang berada di kelurahan karang anyar tetapi hanya 10 pos saja yang aktif dan 13 pos lainya tidak aktif dikarenakan pos- pos yang sudah lama ditinggalkan karena adanya covid 19 dan banyak yang tidak digunakan sejak awal sehingga kami perwakilan dari kelurahan karang anyar meminta kepada walikota Tarakan memberi surat himbauan agar adanya penghidupan kembali pos- pos yang sudah lama ditinggalkan guna membantu menjaga kemananan di tingkat bawah.

Berbeda dengan Lurah Kel karang balik, Di kelurahan Karang Balik membawahi 17 Rt dan terdapar 6 pos kamling tetapi hanya 2 pos yang aktif yang terdapat di Rt11dan Rt.12 karena keterbatasan dana untuk membiayai warga yang berjaga.

Untuk wilayah tarakan timur, disampaikan terdapat 7 kelurahan dan 11 rt. Warga di kecamatan Tarakan Timur sangat mendukung penuh akan kegiatan ini serta perlunya surat edaran agar menghidupkan kemabli satkamling itu sendiri agar timbul rasa solidaritas antar sesama warga.

Sementara Di kelurahan Tarakan Tengah hanya terdapat 2 pos kamling aktif yang berada di kel kampung 1 skip dan pamusian hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang mengeluh untuk mengeluarkan biaya untuk warga yang berjaga.

Kegiatan FGD yang dimulai pada pukul 10.00 wita berahkir pada pukul 12.00 wita, selama berlangsungnya kegaiatan ini berjalan dengan aman dan lancer. (HumasResTrk).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments