Senin, April 15, 2024
BerandaBeritaApel Operasi Keselamatan Kayan 2023 Digelar, Selama 14 Hari, Ciptakan Kamseltibcarlantas Jelang...

Apel Operasi Keselamatan Kayan 2023 Digelar, Selama 14 Hari, Ciptakan Kamseltibcarlantas Jelang Hari Raya Idul Fitri

TARAKAN – Kegiatan Apel Pembukaan Operasi Keselamatan Kayan 2023 digelar di Mako Polres Tarakan, Selasa (7/2/2023) pagi.

Kegiatan apel dipimpin langsung Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K dan dihadiri Wakil Wali Kota Tarakan dan Dandim 0907 Tarakan. Kegiatan turut dihadiri Danyon Yonif Raider 613/RJA, Komandan Subdenpom VI/1-1, Komandan POM TNI AL, Komandan POM TNI AU, Kepala Satpol PP dan PMK, Kepala UPTD Dispenda, Jasa Raharja dan unsur forkopimda lainnya.

Dalam amanatnya dikatakan Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K menyampaikan, dalam rangka mendukung tindakan pencegahan lalu lintas, maka fungsi lalu lintas Polda Kaltara menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi “Keselamatan Kayan 2023”.

“Dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 7 Februari sampai 20 Februari 2023 di seluruh wilayah hukum Polda Kaltara,” ungkap Kapolres Tarakan.

Adapun bentuk operasi pemeliharaan keamanan bidang lalu lintas mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, dalan rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas serta meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap Perundang-undangan Lalu Lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 /2023.

Pelaksanaan Operasi Keselamatan Kayan 2023 dilaksanakan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah Provinsi Kaltara.

Adapun lanjutnya cara bertindak dalam Operasi Keselamatan Kayan 2023 di antaranya melakukan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat, pelaku dan waktu atau jam terjadinya pelanggaran serta kemacetan lalu lintas.

“Melakukan kegiatan yang bersifat preemtif berupa pembinaan dan penyuluhan masalah lalu lintas kepada seluruh elemen masyarakat berupa kegiatan sosialisasi, pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran brosur, leaflet, sriker, ekspos di media cetak elektronik dan medsos,” ungkapnya.

Selanjutnya kata Kapolres, melakukan kegiatan preventif berupa pengaturan penjagaan, pengawalan dan patroli serta pengawasan dan pengendalian kegiatan masyrakat melalui pengaduan masyarakat dan pelayanan masyarakat.

“Kemudian juga melakukan penindakan menggunakan ETLE baik ststis maupun mobile dan teguran terhadap pelanggar lalu lintas dengan metode keselamatan dan inovatif disesuaikan dengan karakteristik wilayah Polres masing-masing.

Selanjutnya, dikatakan Kapolres Tarakan, tujuan Operasi Keselamatan Kayan 2023 adalah meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalu lintas.

Ini juga masuk dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan lanjutnya, mewujudkan dan memelihara keamanan, patuh, dan kelancara serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcarlantas).

“Kemudian meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan dan membangun budaya tertib lalu lintas serta meningkatkan kualitas layanan kepada publik,” jelasnya.

Selanjutnya, target operasi kali ini kata Kapolres Tarakan, meliputi pendendara rkda dua, pengemudi mobil, pejalan kaki, tukang ojek, jambret, begal dan lainnya.
Kemudian benda meliputi surat kendaraan bermotor yakni SIM, STNK, helm standar SNI, kelengkapan kendaraan, penggunaan knalpot racing, kendaraan umum, kendaraan bak terbuka dan lainnya.

“Personel menyasar lokasi jalan raya, kawasan keramaian, pertokoan, objek wisata, mal, pelabuhan, bandara, pasar, terminal serta halte lingkungan sekolah,” bebernya.

Giat ini tambahnya meliputi pelanggaran rambu lalu lintas, melanggar larangan parkir, tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan handphone saat berkendara dan mengemudii setelah mengonsumsi miras.(HumasResTrk)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments