Jumat, Februari 23, 2024
BerandaBeritaPERAGAAN KETANGKASAN MENGGUNAKAN TONGKAT DAN BORGOL WARNAI UPACARA PERINGATAN HUT SATPAK KE-42...

PERAGAAN KETANGKASAN MENGGUNAKAN TONGKAT DAN BORGOL WARNAI UPACARA PERINGATAN HUT SATPAK KE-42 DIPOLRES TARAKAN

TARAKAN – Polres Tarakan menggelar Upacara Peringatan HUT Satuan Pengamanan (SATPAM) ke 42 tahun 2022 dengan mengangkat tema “sinergitas satpam dan polri peduli untuk sesame” bertempat dihalaman mako polres tarakan. Senin (30/01/23).

Dalam pelaksanaan upacara Hut Satpam ini dihadiri oleh satpol PP, Senkom, Dishub kota tarakan, Saka Bhayangkara, dan anggota satpam yang ada dikota tarakan.

Pada pelaksanaan Upacara kali ini dipimpin oleh Walikota Tarakan dr.H.Khairul,M.Kes dan hadir pula unsur Forkopimda kota tarakan serta perwakilan dari instansi yang menggunakan jasa satpam.

Walikota tarakan pada pelaksanaan upacara membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, diawali dengan “ucapan syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunianya pada hari ini kita dapat mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun (hut) ke 42 satuan pengamanan tahun 2022 dengan tema “sinergisitas satpam dan polri, peduli untuk sesama”.

terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita cita bangsa indonesia, Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. sumber daya polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi. untuk itu, potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu 4 memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa

”kehadiran satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c uu no.2 tahun 2002 tentang polri yang berbunyi “pengemban fungsi kepolisian adalah kepolisian negara republik indonesia yang dibantu oleh bentukbentuk pengamanan swakarsa.”
sebagai bentuk pemuliaan profesi satpam, polri telah mengeluarkan perpol no 1 tahun 2023 tentang perubahan perpol no 04 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa yang menjadi landasan hukum profesi satpam. perpol tersebut juga mengatur tentang perubahan seragam satpam, perubahan ini selain sebagai bentuk modernisasi satpam, juga dimaksudkan agar tidak menyebabkan kebingungan masyarakat terhadap polri dan satpam saat bertugas di lapangan.
kehadiran satpam merupakan kepanjangan tangan polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannnya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban sebagaimana yang disampaikan oleh charles p. nameth, seorang professor di john jay college bahwa “peran satpam banyak digunakan untuk mendeteksi dan mencegah kegiatan kriminal.”
terakhir, saya berharap rekan rekan satpam agar terus mendukung tugas pokok polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaimana makna perisai pada logo satpam.

Setelah membacakan amanat kapolri, walikota tarakan pada kesempatan ini juga menyerahkan piagam penghargaan kepada satpam yang berhasil membantu tugas kepolisian diantaranya Fitri Ramadhan. P. yang merupaka satpam RSUD dr.H Jusuf SK yang berhasil mengamanakn pelaku pencurian yang terjadi diruang perawatan RSUD dr.H. Jusuk SK dan Rizky Dwi Wantara dan Khamin Z yang merupakan satpam di kantor perwakilan Bank Indonesia Prov Kaltara telah berhasil mengagalkan tindak pencurian dikantor perwakilan bank Indonesia.

Diahkir acara anggota satpam menunjukkan kepiawaian meraka dalam menggunakan tongkat dan borgol dan peragaan ini dapat ditampilkan dengan baik dan membuat semua tamu undangan bertepuk tangan dan terpukau.(HumasResTrk)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments